Abstract:
Penelitian untuk menganalisis Efektifitas Sistem Pengajaran Pelatihan Pengasuhan (JARLATSUH) Dalam Rangka Memenuhi Standar Kompetensi Lulusan Program Sarjana (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIP-AN). Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan Triangulasi data seperti hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan berupa teori efektifitas, pendidikan sistem JARLATSUH, dan teori Kompetensi. Hasil penelitian membuktikan Sistem Pendidikan dengan model JARLATSUH di Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara sudah efektif sesuai dengan program Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Per Menristekdikti No 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, adapun faktor-faktor pendorongnya yaitu semangat bela negara, semangat pembentuk jiwa Corsa Pamong, semangat pembentukan ikatan alumni STIP-AN dan faktor penghambatnya yaitu program JARLATSUH belum terintegrasi baik dengan program akademik, fasilitas pendukung tidak ada yang terpadu, mentor atau fasilitator yang tidak tegas, tidak adanya Roll model penerapan JARLATSUH yang baik, konsisten dan terukur. Strategi yang dilakukan sistem JARLATSUH berdasarkan hasil temuan terdapat empat strategi yaitu tahap (1) penanaman, (2) penumbuhan, (3) pengembangan, dan (4) tahap pemantapan nilai-nilai pengajaran, pelatihan, pengasuhan, kepada muda, madya, nindya dan wasana praja, agar praja memiliki kompetensi yang logis, analisis, kritis, kreatif dan inovatif, tahu, mau dan mampu melaksanakan mengembangkan menerapkan nilai-nilai sistem JARLATSUH.