Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1)kualitas layanan dengan kepuasan pelanggan, (2)nilai pelanggan dengan kepuasan pelanggan, (3) hubungan secara bersama-sama kualitas layanan dan nilai pelanggan dengan kepuasan pelanggan.
Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan korelasional. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel sebanyak 60 mahasiswa, dan 20 mahasiswa untuk uji coba, yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling (Non-Probably Sampling). Penelitian ini dilakukanpada mahasiswa yang sedang berkunjung di pusat pelayanan pengembangan sistem informasi Universitas Indonesia Depok.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian non-eksperimental sekaligus metode kuantitatif untuk menguji hipotesis. Hal ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang hubungan antara variabel yang ada. Secara teknis penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara variabel kriterium dan variabel prediktor.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama terdapat hubungan positip antara kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Kedua terdapat hubungan positip antara nilai pelanggan dengan kepuasan pelanggan. Ketiga terdapat hubungan positip antara kualitas layanan dan nilai pelanggan secara bersama-sama dengan kepuasan pelanggan.
Implikasi dari penelitian ini adalah upaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dapat dilakukan melalui kualitas layanan dan nilai pelanggan.