Abstract:
Berbagai keluhan dan masalah yang timbul atas pelayanan yang dilakukan oleh Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan, kinerja organisasi masih belum maksimal terlihat pada ketidaksesuaian standar ukuran waktu penyelesaian pelayanan yang sudah di tetapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan analisis regresi dan korelasional. Sampel yang terdiri dari 102 responden yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara iklim komunikasi organisasi dengan kinerja organisasi diperoleh R Square yaitu sebesar 54,5% dan sisanya sebesar 45,5% kontribusi oleh variabel yang lain, korelasi antara kepuasan kerja terhadap kinerja organisasi diperoleh R Square yaitu sebesar 53,5% dan sisanya sebesar 46,5% kontribusi oleh variabel yang lain, korelasi antara iklim komunikasi organisasi dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja organisasi diperoleh R Square yaitu sebesar 72,8% dan sisanya sebesar 27,2% kontribusi oleh variabel yang lain.
Disarankan bahwa : 1) iklim komunikasi organisasi di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan sudah baik, hal ini harus tetap dipertahankan jikalau perlu lebih ditingkatkan lagi karena semakin baik suasana komunikasi didalam organisasi maka akan semakin menciptakan kerjasama pegawai yang semakin meningkat; 2) kepuasan kerja pegawai di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan sudah cukup baik, hal ini harus dipertahankan dan jikalau perlu lebih ditingkatkan lagi. Untuk meningkatkan kepuasan kerja pegawai maka instansi harus memberikan penghargaan (reward) kepada pegawai; 3) kinerja organisasi Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan sudah sangat baik, hal ini harus tetap dipertahankan jikalau perlu lebih ditingkatkan lagi. Kinerja yang baik menjadi faktor yang terpenting untuk di capai sehingga dapat memuaskan masyarakat.